Sosial

Acara sedekah Bumi Desa Ngembung 2018 terlihat Sakral Dengan Antusias Warga sangat Guyub

GRESIK – RINews , Indonesia mempunyai ragam budaya yang beragam dari ujung barat sampai ujung timur, mulai dari sudut kota sampai pedesaan. Dijaman komputerisasi yang saat ini berkembang, Warga bangsa indonesia masih tetap mempertahankan Kultur Budaya serta melestarikan dengan baik .Seperti yang di lakukan Desa Ngembung Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Sabtu (22/9/2018) mengadakan acara sedekah bumi. Semua itu untuk mempertahankan apa yang menjadi peninggalan nenek moyang , Adat serta Budaya yang sudah ada.

Acara sedekah bumi ini merupakan salah satu wujud dari Desa Ngembung dalam menguri-uri kembali apa yang menjadi peninggalan Budaya Tradisional yang tentunya sudah melekat di sebagaian Penduduk Desa. Budaya sedekah bumi merupakan wujud shodaqoh atau wujud syukur terhadap bumi yang kita tempati agar tetap dilindungi oleh allah SWT, Dalam melaksanakan sedekah bumi ini warga membawa “Ambeng” hasil bumi untuk di sedekahkan terhadap masyarakat yang hadir dalam acara tersebut, Acara terlihat Sakral dan Guyub.

Pandangan Umum sebagaian besar Warga Sedekah Bumi merupakan wujud kebersamaan kerukunan gotong royong dan mempererat atas kerukunan warga yang selalu di pertahankan .Acara sedekah bumi di tempatkan di area Pendopo Balai desa Ngembung , Hadir dalam acara tesebut beberapa Undangan , Camat, Polsek Danramil serta Ratusan masyarakat setempat tidak lupa juga Dukungan dari Ibu ibu PKK Kamboja desa Ngembung.

Menurut Kepala Desa Ngembung, Nanik Supranti mengatakan, Sedekah Bumi ini merupakan wujud terima kasih kepada allah SWT bahwa di tahun yang akan datang warga masyarakat tetap di berkahi, banyak rizki, dijauhkan dari musibah dan diberi umur panjang,

“Sedekah bumi ini kegiatan yang rutin dilaksanakan di Desa Ngembung Tercinta ini. Dan dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada yang telah hadir di acara sedekah bumi.” tuturnya.

Baca Juga >>  Madiun Zona Hijau Pertama Di Jawa Timur, Segera Disusul Daerah Lain di Jatim

kades,Nanik Supranti , juga mengatakan “saya sangat berterima kasih atas dukungan dari semua elemen masyarakat atas terselenggaranya Acara sedekah bumi ini. Dalam memeriahkan acara tersebut Panitia Acara Sedekah Bumi Menghadirkan hiburan Wayang Kulit ki Dalang, Bagus Mustiko Adji.( Pam)

Mohon Bagikan Juga