TravelWisata

Indahnya Taman Bunga Berlatar Belakang 3 Gunung di Pasuruan dikelola BUMDes setempat

Radar – INews, PasuruanTaman Bunga Adn Firdaus yang berada di Desa Sumbergedang menjadi spot selfie baru di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Tempat ini murni milik pemerintahan Desa setempat.

Dalam wahana wisata Instagenic ini, pengunjung dimanjakan dengan bunga matahari, enam jenis tanaman celosia yang beragam warna dan bunga lamtana serta kincir angin.

“Kami sekeluarga merasa nyaman  di tempat ini,” kata Wiwin wisatawan lokal asal Purwosari,  Pasuruanyang datang bersama suami dan anaknya, Minggu (8/12/2019).

Menurutnya, Taman Bunga Adn Firdaus pun dinilai ramah anak karena fasilitas lapangan rumput yang cukup luas dengan dihiasi aneka balon telah disediakan.

“Tidak usah khawatir kalau bawa anak kesini,” ujarnya.

Senada, Sri Wahyuni wisatawan asal Gresik mengatakan dirinya datang ke taman bunga ini karena tertarik dengan cerita teman-temannya yang pernah mengunjungi lokasi ini.

Selain lokasi wisata mudah dijangkau, menurutnya lokasi taman ini juga menyediakan tempat parkir luas dengan harga tiket masuk yang terjangkau. Untuk Akses menuju lokasi sangat mudah,  bisa ketik di google Map Taman Firdaus Sumbergedang.

“Ngga sia-sia datang ke tempat ini. Indah dan Bagus bunganya. Bisa selfie di taman bunga berlatar kincir angin, dan paling bagus foto di taman bunga yang berlatar gunung,” katanya.

Kepala Desa Sumbergedang, Kecamatan Pandaan, Niam Sovie mengatakan Taman Bunga Adn Firdaus ini dikelola BUMDES (Badan Usaha Milik Desa),  itupun juga belum lama.

“Berdasarkan kesepakatan warga, parkirnya Rp 3 ribu sedang tiket masuk Rp 5 ribu. Namun kalau hari besar atau jika ada pameran juga lainnya tiketnya Rp 10 ribu,” terang Niam sambil menyebut tempat parkir bisa menampung sekitar 300 unit mobil dan 3000 sepeda motor.

Ia menceritakan, sejarah berdirinya BUMDES Taman Adn Firdaus ini sebenarnya digagas 5 tahun yang lalu. Namun, baru 6 bulan kemarin baru terealisasi. Kini, Taman Bunga Adn Firdaus pun telah dibuka secara resmi.

“Taman Adn Firdaus ini sebenarnya impian kami sejak 5 tahun silam. Namun perjumpaan dengan Mas Ardi (warga Sumbergedang) membuat cepat tereksekusi,” terang Niam Sovie.

Selama 6 bulan, pengembangan taman bunga mulai pembukaan jalan, perataan tanah, dan pengerjaan taman menelan anggaran swadaya Rp 1,8 Miliar.

“Dananya ya kita iuran, jadi kita kerjasama dengan masyarakat. Yang jelas pembangunan Adn Firdaus ini kita 0 persen dana desa (DD) atau alokasi dana desa (ADD). Kita 0 persen tanah bengkok,” ungkapnya.

Menurutnya, lokasi seluas 7 hektar ini dulunya adalah sawah padi dan warga yang mau diajak bergerak maju kemudian menyerahkan tanahnya untuk disewa dan dijadikan wahana wisata.

“Sebagai gantinya, yang punya lahan ini kita karyakan sebagai perawat tanaman bunga,” tuturnya.

Ardi Roistam, pengelola sekaligus perancang Taman Bunga Adn Firdaus mengatakan kawasan ini direncanakan akan dibuat sebagai tempat wisata edukasi. Salah satunya wisata edukasi pembibitan bunga.

“Kita juga akan siapkan kampung kelinci, kambing dan ikan Salmon of Java atau ikan sengkaring khas desa ini. Jadi para anak-anak bisa langsung memberikan makanan atau menangkap ikan atau kelinci untuk dibawa pulang,” kata Ardi.

Selain itu, Adn Firdaus nantinya juga akan menjadi pusat pemasaran kreatifitas warga setempat dari yang ada 15 kelompok UMKM khas Desa Sumbergedang.

“Konsep yang diterapkan sedikit banyak mengadopsi dari dunia maya. Baik IG dan FB. Apa sih yang disukaisi anak-anak sekarang, ibu-ibu, remaja, dan keluarga sekarang,” ungkapnya.

Sebagai wisata edukasi yang mengusung tema kekinian, Taman Adn Firdaus akan membuat konsep baru yang bervariasi setiap perayaan hari besar atau hari raya.

Hal ini dilakukan untuk merespon kebiasaan generasi milenial  saat ini yang mudah bosan dan ingin suasana baru di setiap momen tertentu.

“Titik jenuh pasti ada, dan kita akan menghadirkan konsep baru setiap hari besar, misalnya Tahun baru. Rencana Hari Raya Idhul Fitri depan, kita akan memakai konsep serba putih. Semua bunga yang bermekaran berwarna putih,” Pungkas Ardi pada Radar INews.(Pam)

Mohon Bagikan Juga