Pemerintahan

Pembagian Sertifikat Tanah tiga Tahap Desa Sendangagung

Radar-INews, Lamongan – Program ptsl yang dilaksanakan pokmas desa Sendangagung Kecamatan Paciran, Lamongan  hampir tuntas. Sementara Dari Bidang yang sudah Terdaftar kurang lebih 3.000 sertifikat dalam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap  (PTSL). Sudah dibagikan kurang lebih 1.500 Sertifikat dalam tiga tahap.

Penyerahan sertifikat dilakukan dalam rangka mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat bidang pertanahan. Caranya, dengan menghadirkan fasilitasi sertifikasi bagi tanah-tanah milik masyarakat.

Menurut ketua ptsl Masud Baraja, ada beberapa komponen kegiatan yang semula menjadi beban masyarakat, telah dianggarkan dalam APBN di Kementerian ATR/BPN. Sedangkan dalam proses pra PTSL tetap menjadi beban dan tanggung jawab masyarakat, antara lain terkait Pajak, BPHTB, materai, patok dan biaya pengurusan surat-surat tanah seperti jual beli dan lainnya.

Ditambahkannya, untuk program PTSL di Sendangagung, pihaknya bersama 22 anggota panitia lainnya telah menuntaskan sebanyak 3.000 bidang tanah yang sudah diterbitkan,  namun masih separuh yang sudah diserahkan oleh BPN Lamongan dalam tiga tahap.

“Alhamdulillah, seluruhnya sudah selesai. Kalaupun masih ada yang belum, nanti akan lakukan dengan sistem sporadic, bukan lagi sistematis. Sporadis artinya, untuk menyisir bidang ynang belum tersentuh PTSL,” kata dia.

Hal yang disampaikan senada Masud Baraja bersama Bendahara ptsl Ulin juga berterima kasih kepada warga atas partisipasi keikutsertaan ptsl yang juga sudah mempercayakan pengurusan sertifikat tanah mereka kepada panitia PTSL juga berterima kasih kepada pemerintah desa Sendangagung ang sepenuhnya membantu proses ptsl ini mulai dari awal hingga proses ptsl ini berjalan lancar dalam setahun.(Pam)
Mohon Bagikan Juga