PembangunanPertanian

Proyek Saluran Irigasi HIPPA Randu Agung Randubener

Radar – INews, Lamongan – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo melalui Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air II melaksanakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI). Program tersebut juga tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Lamongan. Wilayah Kecamatan Kembangbahu, empat HIPPA memperoleh program tersebut yang ada di kecamatan Kembangbahu dan satu diantaranya yang dikerjakan HIPPA Randu Agung Desa Randubener Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan.

Seperti yang diharapkan pemerintah dengan pelaksanaan program padat karya akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat karena pelaksanaan dilapangan menggunakan Swadaya berupa Tenaga Kerja Kelompok Hippa setempat sehingga terjadi pemerataan ekonomi ke pedesaan sekaligus untuk mengatasi kesenjangan. Dengan berfokus kepada program padat karya, Pemerintah memberikan porsi yang lebih besar bagi masyarakat untuk terlibat aktif dalam pekerjaan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur.

Terkait dukungan kedaulatan pangan dan Padat Karya maka diperlukan keterlibatan masyarakat melalui program P3-TGAI (Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi) yaitu pembangunan irigasi kecil di bawah 150 hektar dengan melibatkan langsung perkumpulan petani pemakai air (P3A) atau yang Lebih Umum pada kelompok HIPPA.

Parto , Ketua Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Randu Agung,  ditemui disela waktu   kegiatan proyek Jumat (05/06/2020) menyampaikan “Pembuatan sarana saluran irigasi ini berasal dari Bantuan P3-TGAI Anggaran 195 juta,  yang dikucurkan pada satu titik saluran irigasi dengan volume 170 meter kali dua sisi.  Pengerjaan hampir sebulan lebih Untuk lebar  disesuaikan dengan saluran yang ada sebelumnya. Menurutnya, dengan adanya saluran irigasi yang baru ini dapat memberikan kemudahan dan kelancaran saat petani mengairi lahan persawahannya juga memberdayakan tenaga kerja setempat karena dikerjakan secara Swakelola.

Baca Juga >>  Lelang Proyek 2020 Sudah Mulai Sejak Desember 2019

Menurut Parto , “pembangunan saluran irigasi Hilir sepanjang 170 meter ini merupakan program kegiatan HIPPA desa Randubener sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan irigasi untuk pertanian warga desa Randubener yang bekerjasama dengan gapoktan dan seluruh poktan desa . Disamping melaksanakan pembangunan saluran irigasi, para petani yang tergabung dalam HIPPA Randu Agung juga melaksanakan perawatan saluran irigasi secara berkala agar setiap saat saluran irigasi ini dapat digunakan.”(Pam)

Mohon Bagikan Juga