Pembangunan

P3TGAI 2023 Kebondalem Rampung Lebih Cepat

RadarINews – Jombang, Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) dari BBWS Brantas Tahun 2023 tahap pertama yang serentak dilaksanakan di beberapa wilayah termasuk Kabupaten Jombang Jawa Timur, salah satunya di kecamatan Bareng Desa Kebondalem yang mendapatkan program tersebut. Dalam pengerjaannya P3tgai Kebondalem rampung lebih cepat.

 

Proyek tersebut nantinya sebagai upaya dan sarana peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat khususnya petani dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Dan juga diharapkan nantinya bisa meningkatkan perekonomian melalui produksi pangan para petani.

 

Seperti halnya yang disampaikan Faisol Zakariya, Kepala Desa Kebondalem saat ditemui awak media dikediamannya yang mengatakan bahwasanya, bantuan dari program Hippa dari pemerintah berupa pembangunan saluran irigasi persawahan, guna tujuannya untuk meningkatkan produktivitas pertanian, serta juga menjaga ketersediaan air di areal persawahan, “katanya dalam wawancara pada Selasa (30/5/2023). Masih menurutnya, “Kegiatan pembangunan tersebut dikerjakan oleh Hippa sumber Makmur. Dengan menerapkan Padat Karya , dengan jumlah 30 tenaga kerja pelaksanaan selama 3 minggu lebih. Dari RAB yang ada sepanjang 260 meter dikerjakan hingga Total 298 meter.”

 

 

Saat ditinjau ke lokasi pengerjaan proyek sudah mencapai 100% dan finish, tinggal pemasangan prasasti. Sutrisno selaku Ketua Hippa setempat mengatakan “Lokasi pembangunan di Dusun Murangagung , dengan anggaran dari program tersebut senilai Rp 198 juta yang sudah terserap semuanya pada termin awal 70 persen, “

 

Ucapan sepakat satu harapan yang sama disampaikan Faisol, Kades Kebondalem dan Sutrisno, Ketua Hippa setempat. “Harapan kami dengan rampung nya proyek Hippa agar masyarakat petani nantinya bisa segera merasakan manfaatnya dalam mengelola lahan dan mengakses air irigasi tanpa ada kesulitan dalam hal pengairan, yang juga nantinya dalam hasil panen para petani diharapkan lebih baik dari tahun sebelumnya. Diakhir pembicaraan Ketua Hippa Sumber Makmur menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,karena dengan adanya P3TGAI masyarakat terutama petani tentu akan merasa sangat terbantu nantinya. (Pam)

Mohon Bagikan Juga