PembangunanPertanian

Proyek P3TGAI 2023 Hippa Sumber Sewu Pamotan hampir Rampung

RadarINews, Sidoarjo – Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) dari BBWS Brantas Tahun 2023 yang serentak dilaksanakan di beberapa wilayah termasuk Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, salah satunya dari Kecamatan Porong yaitu Desa Pamotan yang mendapatkan program tersebut. Yang dikerjakan oleh HIPPA Sumber Sewu.

Tentu saja P3TGAI sebagai upaya dan sarana peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat khususnya petani dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Selain itu juga diharapkan nantinya bisa meningkatkan perekonomian melalui produksi pangan para petani. Seperti hal tersebut disampaikan M. Rosul, Kepala Desa Pamotan saat ditemui kru media dikediamannya, karena saat pantauan di lapangan lokasi proyek Hippa berada tepat didepan Rumah kediaman Kades Pamotan. “Bantuan dari program P3TGAI dari pemerintah berupa pembangunan saluran irigasi persawahan, guna serta tujuannya untuk meningkatkan produktivitas pertanian, juga tentunya menjaga ketersediaan air di areal persawahan, “katanya dalam pertemuan, Selasa (12/06/2023).

Masih menurutnya, “Kegiatan pembangunan tersebut dikerjakan oleh Hippa Sumber Sewu, anggota juga para petani dan sekarang pengerjaannya sudah mencapai 70%, Anggaran dari program tersebut senilai Rp 198 juta, “ungkapnya kepada kru media. “Pembangunan ini kita kerjakan sesuai dengan gambar pelaksanaan juga diawasi didampingi 2 TPM Ibu Windi dan Raditya, pengerjaan secara swakelola kita kerjakan bersama anggota Hippa “tuturnya.

Lanjutnya, ”Harapan kami semoga pengerjaan lancar, cepat terselesaikan supaya masyarakat petani nantinya bisa segera merasakan manfaatnya dalam mengelola lahan dan mengakses air irigasi tanpa ada kesulitan dalam hal pengairan, juga nantinya dalam hasil panen para petani diharapkan lebih baik dari tahun sebelumnya. Pada akhir pembicaraan M. Rosul menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,karena dengan adanya P3TGAI masyarakat petani sangat terbantu. (Pam)

Mohon Bagikan Juga