Pemerintahan

Antusias Warga Senori Dalam Pendaftaran PTSL 2024

Radar INews , Tuban – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban terus berjalan dengan baik. Sejak dibuka pendaftaran sertifikat setelah sosialisasi dari BPN Tuban pada 30 Juli 2024 , Antusias warga Desa Senori sangat tinggi untuk mendaftar bidang tanahnya dalam program ini, dengan mayoritas tanah yang akan diukur adalah bumi dan bangunan.

 

Para peserta program PTSL Desa Senori sangat antusias dan berharap bisa selesai dalam waktu yang telah ditentukan. Target untuk menerima bidang tanah tidak dibatasi oleh BPN , dengan pendaftaran serta melengkapi berkas yang ditentukan agar bisa segera diukur dan lanjut pada pemberkasan.

 

“PTSL adalah proses pendaftaran yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua objek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan dalam suatu wilayah desa atau kelurahan. Program PTSL yang mana di masyarakat sering disebut dengan istilah sertifikasi tanah merupakan wujud pelaksanaan dari kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah milik masyarakat,” ucap Syaiful Munir, Kepala Desa Senori

 

Masih menurutnya, di wilayah Desa Senori masih banyak terdapat bidang tanah yang belum bersertifikat, baik berupa perkebunan dan bangunan. Kegiatan PTSL di Desa Senori sendiri sudah berjalan pada tahap pengukuran tanah. Pengukuran tanah dilakukan oleh tim khusus yang didampingi perangkat desa Senori. Dimana tim ini terdiri dari 7 orang yang berasal dari beberapa unsur pelaksana seperti tim pengukur dan kepala dusun.

 

Dijelaskan oleh Syaiful munir “Adanya program PTSL ini diharapkan masyarakat dapat mendapatkan sertifikat tanahnya secara mudah. Serta pelaksanaan pengukuran tanah yang masih berjalan ini diharapkan dapat terselesaikan dengan cepat dan lancar”.

Baca Juga >>  PELAKSANAAN PTSL (PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP) DI DESA GAYAM KECAMATAN GURAH TAHUN 2024

 

Sementara Muhammad Ali Mukti ,Sekdes sekaligus selaku koordinator dalam pelaksanaan PTSL Desa senori mengatakan bahwa tim yang terlibat dalam program PTSL Desa Senori terdiri dari 7 orang yang siap membantu warga dalam proses pengukuran tanah. Sampai saat ini tidak terdapat kendala di lapangan terkait permasalahan tanah warga yang digunakan untuk kepentingan umum seperti jalan lingkungan.

 

“Meskipun demikian, respon warga terhadap kegiatan program PTSL Desa Senori sangat positif. Mereka merasa senang dan terbantu dengan adanya program ini, terutama saat melihat tim bekerja dengan serius dalam melakukan pendataan serta pengukuran. Semoga program PTSL Desa Senori dapat terus berjalan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi seluruh warga Desa Senori,” pungkasnya. (Pam)

 

Mohon Bagikan Juga