Pemerintahan

Implementasi Sistem Dan Penerapan DD Desa Pegundan

Radar-INews, Gresik – Implementasi sistem tata kelola keuangan desa dengan aplikasi Siskeudes sudah diterapkan Oleh Pemerintahan Desa. Begitu halnya Penerapan Siskeudes di Desa Pegundan Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik.

Penutup saluran Air Desa Pegundan

Mengenai Kucuran Dana terutama Dari Dana Desa (DD) 2019 dalam Pelaksanaan dilapangan sudah dialokasikan sesuai dengan Rpjmdes. Pelaksanaan Pembangunan Desa Pegundan bisa di bilang berjalan sukses dan lancar. Sejak penerimaan tahap pertama dan Kedua dari Dana Desa 2019 desa Pegundan ini telah menyelesaikan secara lengkap dan tuntas sesuai dengan pengajuan awalnya. Laporan dengan Siskeudes sudah diaplikasikan apalagi beberapa minggu kemarin Kepala Desa sudah mengikuti Workshop dengan tema Pemkab Gresik Ajak Para Kepala Desa Kelola Keuangan Dengan Benar.

Beberapa titik fisik bangunan yang ada di desa Pegundan ini, Tahap pertama maupun kedua sudah terealisasi, seperti terlihat saluran air disepanjang jalan lingkungan Sebelah utara Desa pegundan. Pada tahap kedua sebagian dialokasikan pada penutup saluran Air.

Menurut keterangan Kepala Desa Pegundan Moh, Wafi’ Sag yang didampingi Tim Pelaksana, Ainur Rosyid pada Radar INews, senin 16/12/2019, memberikan keterangannya bahwa, “untuk Dana Desa di desa kami ini insyaAllah untuk tahap yang pertama sudah terselesaikan sesuai dengan program pengajuan awal, Begitu juga tahap kedua sudah dialokasikan beberapa titik dan Salah satunya untuk pembuatan penutup saluran air”. Ungkap Kades.

Ditambahkan oleh Wafi’ ” Pada Tahap tiga anggaran DD akan dialokasikan pada Pavingisasi Jalan lingkungan 6 RT yang ada, adapun Pelaksanaan pembangunan yang ada diujung jalan poros itu Dari murni Dana Swadaya masyarakat itupun sisa Anggaran dan yang diutamakan sebelumnya untuk pembangunan Tempat ibadah/Masjid”

Saya sebagai kepala desa juga seluruh jajaran staf Pemerintah Desa ( Pemdes) Pegundan berupaya dengan sebaik-baiknya untuk merealisasikan Dana Desa dari pemerintah, pasalnya warga kami di sini bisa di bilang ceriwis atau kritis. Jika melihat bangunan yang ada di setiap desa ini yang kelihatannya kurang bagus, maka para warga banyak yang komplain. Oleh karena itu saya Kepala Desa dan segenap jajaran staf Pemdes yang ada di sini untuk setiap pembanguan baik yang menggunakan anggaran dana dari bantuan Dana Desa ( DD ) maupun anggaran dari hasil swadaya masyarakat, kami tidak mau sembrono atau dengan kata lain kualitas dari bangunan yang kami kerjakan jelek.

Baca Juga >>  PELAKSANAAN PEMBANGUNAN 2018 PADA JALAN POROS DAN LINGKUNGAN DANA DESA PRIMPEN

Disampaikan diakhir wawancara oleh Wafi’ “Kami atas nama Pemdes Pegundan ini kalau membangun untuk fasilitas desa tidak mau acak-acakan. Dan Alhamdulillah di desa saya ini sejak saya terpilih menjadi Kepala Desa, saya berusaha sekuat tenaga, fikiran agar bisa menjalankan Amanah yang jelas ingin memberikan apa yang terbaik bagi desa kami ini.” Pungkasnya. (Pam)

Mohon Bagikan Juga