Pemerintahan

Pelaksanaan PTSL 2020 Kelurahan Kraton, Maospati

Radar-INews, Magetan – Guna menjamin kepastian hak atas masyarakat Pemerintah Republik Indonesia mempunyai program Sertifikat massal dalam Pendaftaran Tanah Sistematis lengkap (PTSL).

Karena persoalan status hak milik tanah dijadikan sengketa bahkan tak jarang sampai pada ranah hukum. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan Program Prioritas Nasional berupa Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Demikian juga di Kabupaten Magetan tahun 2020 ini juga mendapatkan program tersebut yang tersebar di puluhan desa / Kelurahan se Kabupaten Magetan.

Salah satu Kelurahan yang mendapatkan program PTSL adalah Kelurahan Kraton Kecamatan Maospati. Beberapa Kali dilaksanakan sosialisasi dibulan November 2019 dan Januari 2020 ke masyarakat. Selanjutnya Pendaftaran awal dibuka pada 27 januari 2020.

Pokmas ptsl yang dibentuk berdasarkan aspirasi warga terutama pemohon, sudah menunjuk pokmas ptsl dengan total keseluruhan 10 anggota.  Yang melibatkan beberapa lapisan masyarakat, tokoh masyarakat, LPM dan Karang taruna.

Saat Kru Media Radar INews berkunjung ke Posko PTSL Kelurahan Kraton pada 19/03/2020 ditemui  Ketua ptsl Kelurahan Kraton,  Supriyanto didampingi salah satu anggota Ptsl,  Istiyanto. Dan Supriyanto menyampaikan ” Jumlah kuota yang diperoleh Dari BPN Magetan sebanyak 2000 Bidang namun hingga kini berhasil menghimpun 50 persen pemohon atau kurang lebih 1000 pemohon.

Penyampaian keluh kesah panitia Saat proses Pengukuran maupun pemberkasan disampaikan oleh Supriyanto. Harapan Disampaikan semoga pelaksanaan ptsl 2020 Kelurahan Kraton berjalan lancar. (Pam)

Mohon Bagikan Juga
Baca Juga >>  PTSL Pucangan Proses Pengukuran Hampir Selesai Dengan Bidang Terdaftar Melebihi Kuota Target