TravelWisata

Simpang Lima Gumul Kediri Bagaikan Monumen di Paris

Radar-INews, Kediri –
Tempat yang sangat menarik,  Bundaran yang berada dijalan Poros Nasional Totok Kerot tepatnya Bundaran simpang lima Gumul yang berada dikota Tahu, Kediri. apalagi jika dilihat pada Malam hari. Paling tidak ada satu hal yang bikin Kota Kediri memiliki kemiripan dengan kota Paris di Prancis. Hampir serupa dengan  monumen kembaran Arc de Triomphe

Monumen Simpang Lima Gumul. Demikian nama Arc de Triomphe ala Kediri yang berdiri gagah tepat di tengah-tengah persimpangan Lima Gumul, Kediri, Jawa Timur ini. Dari info berbagai sumber monumen ini dibangun tahun 2003 dan diresmikan lima tahun kemudian tepatnya 2008

Angka berdasarkan perhitungan sejarah Kota Kediri.Tempat yang biasa disebut dengan singkatannya, Monumen SLG, ini memiliki  tinggi 25 meter dan luas 804 meter persegi. Angka-angka tersebut  merujuk ke hari jadi Kediri,  tanggal 25 Maret tahun 804 Masehi.

Nuansa Kediri kian kuat tercermin dari pahatan relief yang terlihat di beberapa sisi Monumen Simpang Lima Gumul. Ada relief soal sejarah berdirinya kota Kediri, hingga kesenian dan kebudayaan yang ada sampai sekarang.

Nah, karena Monumen Simpang Lima Gumul ini berada di tengah-tengah persimpangan, traveler yang datang tidak akan sulit mencari oleh-oleh khas Kediri atau berkuliner ria memanjakan perut di sekitaran lokasi.

Untuk sekedar cuci mata bahkan selfi sekaligus bisa menjadi hiburan dengan kerabat,keluarga. Salah satu waktu rekomendasi datang ke Monumen Simpang Lima Gumul adalah di malam hari. Perpaduan cahaya lampu di sini, juga kerlip lampu jalan Kota Kediri, bisa dibidik untuk menghasilkan foto-foto yang tak kalah keren bagaikan di Arc de Triomphe, Paris. (Pam)

Mohon Bagikan Juga