PembangunanPemerintahan

Gredek Fokus Peningkatan Ekonomi dari Sumber Waduk Desa

Radar INews, Gresik –  Pemerintahan Desa Gredek Kecamatan Duduk Sampean, Gresik Fokus peningkatan ekonomi. Dari salah satu Prioritas yang di Agendakan pemerintahan Desa Gredek  terutama permasalahan Air. Pada akhir Desember 2019 Sedikit teratasi dengan adanya Pamsimas  (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat).

Lokasi Pamsimas Gredek
Lokasi Pamsimas Gredek

Kades Gredek, Muhammad Bahrul Ghofar menyampaikan Pamsimas sendiri merupakan salah satu program unggulan pemerintah dalam upaya mengentaskan masalah kekurangan air bersih di tengah masyarakat.

Tidak tanggung-tanggung, dari Pelaksanaan Pamsimas beberapa desa di 14 Kecamatan,  salah satu
Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) Dari program pamsimas Desa Gredek yang sudah selesai  100 persen.

Dipaparkan Kades juga ” Pelaksanaan Pamsimas sudah selesai dan disurvey akhir tahun kemarin ” Ditambahkan lagi ” Dimana dalam pelaksanaannya, program ini dibiayai oleh pemerintah anggaran APBN sebesar Rp 245 juta ditambah anggaran yang diambilkan dari Apbdes , swadaya masyarakat
Rp 70 juta.

Sementara permasalahan Air lainnya yang menjadi agenda prioritas Kepala Desa Gredek, Muhammad Bahrul Ghofar. Waduk yang merupakan satu satunya Asset yang selama ini disewakan pada pihak ke Tiga saat ini dipertahankan dengan Harapan bisa menjadi penopang  warga Gredek terutama dalam meningkatkan ekonomi.

Dan menurut Muhammad Bahrul Ghofar ” Waduk Desa juga pernah diminta oleh Pemerintah Daerah Gresik, itupun tetap saya pertahankan karena jelas dampak yang tidak diinginkan akan terjadi , Dari Telaga atau Waduk saya agendakan tahun 2020, untuk pengembangan.”

Harapan lainnya dengan pengelolaan maksimal Waduk Desa mempunyai Efek yang langsung bisa dirasakan petani seperti adanya penambahan indeks tanam yang tadinya hanya bisa sekali dua Kali setahun, menjadi tiga kali.(Pam)

Mohon Bagikan Juga