Peristiwa

Prediksi Cuaca tidak Bersahabat Dalam Beberapa Hari Ke Depan

Radar-INews, Jatim –  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda  di Sidoarjo memprediksi selanjutnya menghimbau Serta mengingatkan beberapa wilayah di Provinsi Jawa Timur akan mengalami hujan deras disertai dengan angin kencang.

Sesuai dengan pantauan citra satelit menunjukkan intensitas
hujan  sedang skala lokal disertai petir serta angin kencang, terjadi di sebagian wilayah di Jawa Timur.

Dalam beberapa hari kedepan dihimbau warga Jawa Timur dan sekitarnya untuk tetap harus waspada dengan cuaca yang masih buruk dengan intensitas hujan deras dalam beberapa hari ke depan.

Sementara, BMKG memprediksi cuaca ekstrem ini terjadi di daerah Magetan dan Kabupaten Pasuruan. Hujan ini akan bergilir secara bergantian terjadi dari pagi hingga malam hari.

Sedangkan siang hingga sore, cuaca diprediksi berawan dengan hujan lokal hingga hujan lebat. Sementara hujan dengan petir dan angin kencang diperkirakan melanda beberapa wilayah Jatim.

Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Juanda Teguh Tri Susanto memperkirakan, selain dua daerah tersebut, juga ada wilayah lain yang juga diprediksi terkena imbas hujan lebat sekaligus angin kencang.

Misalnya di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Tuban, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar.

Selanjutnya Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Pamekasan dan Sampang.

“Sementara pada malam hari, kondisi cuaca juga terjadi hujan lokal yang intensitasnya sedang hingga lebat. Kondisi ini pun diramalkan bakal terjadi di Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso dan Situbondo,” kata Teguh saat dikonfirmasi, Senin (06/01/2020).

Ia mengatakan, terkait dengan informasi citra satelit tersebut pihaknya mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat. Hal ini untuk mewaspadai hujan intensitas sedang skala lokal disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari.

“Waspadai hujan deras disertai angin kencang pagi hari di wilayah atau kabupaten Kediri, Kota Mojokerto, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

“Himbauannya untuk masyarakat Jatim, agar tetap waspada dan berhati-hati. Karena beberapa hari ini cuaca ekstrim akan melanda Provinsi Jatim,” imbau Teguh

Tak hanya itu, Teguh menyebut hujan lebat dengan angin kencang juga berpotensi menyebabkan bencana alam seperti banjir, longsor hingga pohon yang tumbang.

“Masyarakat harus tetap waspada terhadap dampak yang dapat ditimbulkan cuaca ekstrim seperti potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” harap dia.(Pam)

Mohon Bagikan Juga