Sosial

ACARA MURWOKOLO Berikut Ruwat Dusun TULUNG SANGAT MERIAH

GRESIK -RINews, Warga di Dusun tulung Desa Tulung , Kecamatan Kedamean , Gresik menggelar tradisi Sedekah bumi pada 07/07/18. Beberapa ancak ,Tumpeng dan jajan pasar diarak oleh warga dalam tradisi yang sudah berlangsung secara turun-temurun ini. Ratusan Warga membawa Tumpeng, jajan Pasar yang dibawa ke 3 Kepunden, Punden Eyang Rekso Singoutomo, Punden Mbah Ambarsari, Punden Raden Said dan Balai Dusun setempat. Acara tersebut dimeriahkan Pagelaran Wayang Kulit kiDalang Blego Ardianto . Kasun, Kusnadi terlihat hadir dalam acara bertajuk Sedekah Bumi Dusun berikut membuka acara Murwokolo pada siang hari di 3 Kepunden yang didampingi beberapa RT, RW Dusun Tulung .

Hadir juga Undangan Kades Tulung, Eko Supangkat, Camat Kedamean , Narto beserta Staf juga Muspika lainnya. Formal Acara berlangsung jam 13:00 yang diisi beberapa sambutan dari Bpk Camat yang dilanjutkan Sambutan dari Kasun, Kusnadi selaku wakil dari Dusun setempat sekaligus perwakilan Panitia Acara Sedekah Dusun.
Inti dari sambutannya pada kehidupan serta tidak menghilangkan Tradisi yang ada agar bisa dilestarikan.

Untuk arak arakan Sebelum diarak, masyarakat sudah mempersiapkan Tumpeng, ancak di depan rumahnya atau RT masing-masing . Tradisi yang digelar setiap tahun ini merupakan wujud syukur warga setempat kepada Allah SWT atas segala limpahan rezeki dan kemakmuran.

Dan Acara berlanjut hingga pada malam hari juga dihadiri Undangan beberapa Tokoh Masyarakat BPD, LPMD, RT, RW yang Makin Ramai dengan Hiburan Wayang Kulit ki Dalang Blego , lakon “Mudune Wahyu Kemakmuran” Tradisi sedekah bumi merupakan budaya turun-temurun yang diwariskan warga sampai sekarang. Inti dari tradisi itu adalah mengedepankan gotong-royong di tengah kemajuan zaman,” kata Kasun Kusnadi , Ucapan senada juga sepaham dengan Kades Tulung, Eko Supangkat .(Pam )

Mohon Bagikan Juga

Comment here