Pejabat

Air Bersih Siap Minum Akan Mengalir Ke 5 Daerah di Jatim pada Januari 2020

Radar-INews, Jatim –  Air bersih siap minum yang bersumber dari Sistem Pengadaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Kabupaten Pasuruan,
sebentar lagi Akan didistribusikan ke lima daerah di Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa , saat Konferensi Pers di Istana Wapres

Kelima daerah itu yakni Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik.

“Pembangunan jaringan pipa sudah terlaksana sekitar 96 persen, Januari tahun depan Insya Allah sudah bisa dialirkan,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat soft launching SPAM Umbulan di Desa Porong, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Minggu (22/12/2019) sore.

Air bersih siap minum tersebut akan menjangkau sekitar 1,3 juta warga di lima daerah melalui 300.000 pelanggan baru PDAM.

“Sebelumnya air PDAM diolah dari air sungai Brantas yang ternyata ada sampah popoknya. Setelah SPAM Umbulan beroperasi, air minum akan semakin sehat,” jelasnya.

Dari total 96,5 kilometer panjang instalasi jaringan pipa dari Kabupaten Pasuruan hingga Kabupaten Gresik, kini jaringan pipa yang belum terpasang dan tersambung tersisa 10.900 meter.

Khofifah mengatakan, sebenarnya infrastruktur jaringan pipa di Kabupaten Gresik sudah selesai seluruhnya.

Namun, karena ada sambungan pipa di Wilayah Surabaya yang masih terkendala pemanfaatan lahan, sehingga jaringan pipa dari Putat Gede ke Kabupaten Gresik terputus sementara.

Dalam Distribusi SPAM Umbulan akan dibagi ke lima PDAM di Jawa Timur, yaitu untuk Kota Surabaya dengan kapasitas 1.000 liter per detik, Kabupaten Pasuruan 410 liter per detik, Kota Pasuruan 110 liter per detik. Sedangkan untuk Kabupaten Sidoarjo 1.200 liter per detik, Kabupaten Gresik 1.000 liter per detik, dan PDAB 280 liter per detik. (jtm/PM)

Mohon Bagikan Juga
Baca Juga >>  Kades dituntut agar lebih kreatif dan inovatif Disampaikan Bupati Pasuruan Dalam Agenda Pelantikan