Uncategorized

Icon Desa dan Bantuan Keuangan Desa Sumberbendo Bubulan

Radar-Inews, Bojonegoro – Pemkab Bojonegoro kembali mengalokasikan anggaran Bantuan Keuangan (BK) Desa yang dikucurkan pada beberapa Desa yang ada dibeberapa Kecamatan wilayah Bojonegoro. Salah satu desa penerima anggaran tersebut Desa Sumberbendo Kecamatan Bubulan Bojonegoro.

Pembangunan infrastruktur atau fisik  Desa Sumberbendo semakin bergeliat. Hal ini tampak pada pembangunan Pendopo Balai Desa yang dimulai beberapa hari yang semua pekerjanya baik dari kuli batu, tukang dan mandor dari masyarakat desa sendiri (swakelola), dengan struktur rangka Baja,tiang Beton Demikian disampaikan Kepala Desa Sumberbendo Kisnandar kepada Radar Inews di kediamannya, Sabtu (30/11/2019), dan pelaksanaan pembangunan bisa terlihat karena kebetulan Balai Desa Sumberbendo terletak berhadapan langsung dengan Rumah Kades Sumberbendo.

Disampaikan juga “Proyek Pembangunan Pendopo ini anggaran dari bantuan khusus (BK) tahun 2019 dengan pengajuan awal sebesar 400 juta, diatensi oleh pemkab sebesar 300 juta, dengan anggaran yang disetujui saya tetap terima kasih pada Bupati yang selalu pro aktif sehingga harapan untuk mempunyai Pendopo Balai Desa yang diinginkan masyarakat bisa terealisasi.

Selain anggaran dari BK, DD akan dimanfaatkan terutama pada pembangunan fisik untuk jalan poros yang menghubungkan dusun Sumurluh dengan Sumberbendo. Dipaparkan juga Bidang pemberdayaan terutama kegiatan untuk menunjang kegiatan Ibu PKK, seperti pembuatan Roti, Kerajinan
sulam plastik untuk Tas dan
Kursus menjahit.
.
Disamping infrastruktur, Kepala desa ingin mempertahankan keberadaan Icon Desa berupa Sumber Mata Air disekitar pohon Bendo , dengan melakukan Perawatan bersama pihak Perhutani. Saat ini Bendo atau Benda mulai menjadi tanaman langka karena tumbuhan ini semakin sulit ditemukan karena tergusur oleh berbagai tanaman budidaya lain yang dianggap lebih bernilai ekonomis. Selain itu juga akibat kebakaran hutan dan kerusakan habitat (deforestasi). (Pam)

Mohon Bagikan Juga