Peristiwa

Kades Wonorejo Antusias Dalam Mengikuti Karnaval

Radar – INews, GRESIK – Ratusan warga Desa Wonorejo , Kecamatan Balong panggang, Kabupaten Gresik berbondong – bondong turut meriahkan Karnaval Kemerdekaan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 77, Minggu, (21/8/2022). Kegiatan ini juga di dukung beberapa Mahasiswa Staida Darutaqwa Gresik yang saat ini sedang KKN di Desa Wonorejo.

Karnaval kemerdekaan ini, digelar perdana setelah dua tahun vacum akibat pandemi Covid-19. Tak ayal, antusias ratusan masyarakat Desa Wonorejo sangat tinggi, penonton memadati sepanjang jalur perlintasan desa. Beragam busana dikenakan peserta karnaval kemerdekaan, tidak hanya pakaian adat saja, juga mengenakan pakaian profesi lain seperti TNI/Polri, dokter, Pegawai Negeri Sipil (PNS), petani, pekebun, pejabat, guru, ustadz, hingga beragam busana kreasi lain yang unik dan menarik. Selain itu sejumlah peserta ternyata mempunyai Tema tersendiri dalam Karnaval. Dsn WONOREJO, Rt 1 Rw 1 tema kesehatan, Rt 2 Rw 1 tema petani, Rt 3 Rw 2 tema pendidikan dan Rt 4 Rw 2 tema kesenian. Sedangkan dari Dsn GOGOR, Rt 1 Rw1 tema pedagang dan Rt 2 Rw1 pejuang

Dalam kesempatan tersebut, H. Roto selaku Kepala Desa Wonorejo mengucapkan terimakasih kepada segenap warga baik Tingkat RT, Karang taruna yang sudah menggelar kegiatan Karnaval kemerdekaan ini.
Menurut H. Roto kegiatan Karnaval kemerdekaan ini nol persen menggunakan anggaran pemerintah desa, dan murni swadaya masyarakat dari Peserta yang mengikuti Karnaval. “Semoga tahun depan bisa di alokasikan dari anggaran pemerintah Desa dan acara semakin meriah dan menarik. Mungkin tidak hanya kegiatan Karnaval saja, bisa ditambah dengan kegiatan jalan sehat atau perlombaaan yang intinya lebih menyemarakkan suasana kemerdekaan.” Harapnya.

Ungkapan penuh Harapan disampaikan juga oleh peserta “Alhamdulillah, berkat swadaya dari semua warga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan terlihat sangat ramai, antusias warga yang mengikuti karnaval ini luar biasa, Semoga tahun depan kegiatan ini bisa diadakan kembali dan seperti apa yang disampaikan bapak kepala desa tadi, Insya Allah tahun depan dengan dukungan Pemerintah Desa Wonorejo kegiatan ini akan semakin meriah dan ramai.”

Baca Juga >>  Air Serta Asap Mengepul Dari Makam di Sidoarjo

Pawai Karnaval kemerdekaan semakin semarak saat iring – iringan Kesenian KUDA LUMPING , Rogo Kusumo Wijoyo yang dipimpin Bpk. Arif menampilkan atraksi yang dipertontonkan ke Warga Wonorejo menunjukkan aksinya disetiap perempatan jalan, sehingga jalan semakin padat oleh antusias penonton. Kuda Lumping sendiri merupakan Kesenian Tradisional yang bisa dibanggakan karena Masih bisa dilestarikan oleh Warga Wonorejo.

Bpk Arif Selaku pimpinan KUDA LUMPING menyampaikan “Saya ucapakan banyak terimakasih pada warga Desa Wonorejo yang telah bahu – membahu menyumbangkan tenaga, pikiran dan harta benda untuk di ikhlas kan membuat kegiatan karnaval ini sehingga bisa berjalan dengan lancar. Dan semoga dengan kegiatan ini pula masyarakat Desa Wonorejo hidup damai guyub rukun, terus menjaga persatuan dan kesatuan antar warga, tentunya ini semua untuk Indonesia.” ( EKO)

Mohon Bagikan Juga