PertanianUncategorized

PELAKSANAAN PROGRAM  P3-TGAI HIPPA SUMBERMULYO DESA PANGEAN

LAMONGAN-RINews, Program yang berkelanjutan termasuk salah satu Program yang dicanangkan Pemerintah yaitu Padat Karya ,Pada minggu kedua April 2018 Kelompok HIPPA Sumbermulyo sudah melaksanakan Program Pembangunan Berupa Saluran irigasi yang hampir 80 persen. Program tersebut tersebar di kecamatan diseluruh Indonesia. Dengan Nilai anggaran rata rata per Kelompok HIPPA sebesar 178 juta , Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi ( P3TGAI ) merupakan Program kelanjutan yang sebelumnya pernah dikucurkan dengan Nama Program P4ISDA pada thn 2013 dan salah satu yang sempat terlihat dilapangan yaitu di Desa Pangean kecamatan Meduran , Lamongan.

Diharapkan dengan pelaksanaan program padat karya akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat karena pelaksanaan dilapangan menggunakan Swadaya berupa Tenaga Kerja Kelompok Hippa serempat sehingga terjadi pemerataan ekonomi ke pedesaan sekaligus untuk mengatasi kesenjangan. Dengan berfokus kepada program padat karya, Pemerintah memberikan porsi yang lebih besar bagi masyarakat untuk terlibat aktif dalam pekerjaan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur.

Terkait dukungan kedaulatan pangan dan Padat Karya maka diperlukan keterlibatan masyarakat melalui program P3-TGAI (Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi) yaitu pembangunan irigasi kecil di bawah 150 hektar dengan melibatkan langsung perkumpulan petani pemakai air (P3A) atau yang Lebih Umum pada kelompok HIPPA.

Pelaksanaan P3-TGAI yang dikerjakan oleh HIPPA desa Pangean , ketua Yono dengan Penanggung jawab Kades, pendamping Mubin, dengan Lokasi di sebelah Barat desa Pangean Anggaran 178 juta , volume 260 meter, yang dikerjakan secara Swakelola selama 2 bulan mulai akhir April dengan perkiraan jumlah tenaga kurang lebih 24 tenaga kerja dengan Material batu padas putih paciran ,pasir dan lain lain , ucapan terima kasih dari Ketua HIPPA, Bpk Yono atas Dukungan pemerintah yang diberikan pada Kelompok HIPPA setempat sehingga diharapkan Pasokan Air yang dibutuhkan Warga Desa Pangean terpenuhi sekaligus bisa Meningkatkan Hasil pertanian.(Pam)

Mohon Bagikan Juga

Comment here