Pemerintahan

PELAKSANAAN PTSL (PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP) DI DESA GAYAM KECAMATAN GURAH TAHUN 2024

Radar – INews, Kediri – PTSL merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap yang menjadi program pemerintah sebagai akibat dari  proses pembuatan sertifikat tanah yang lamban. Pemerintah, melalui Kementrian ATR/BPN meluncurkan Program Prioritas Nasional tersebut dalam rangka percepatan  pembuatan sertifikat tanah.

 

Program PTSL dilaksanakan secara serentak pada semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan dalam wilayah tersebut. Oleh karena itu melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atas hak tanah milik masyarakat Desa Gayam.

Desa Gayam Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri mendapat kuota 2000 bidang pendaftar yang dalam proses pemberkasan 1900 bidang atau setara 95% baik berupa pemukiman,persawahan maupun pekarangan. Adapun base camp pelaksanaan berada disalah satu ruang Balai Desa Gayam. Kegiatan PTSL di Desa Gayam sendiri sudah berjalan pada tahap pengukuran tanah. Kegiatan ini sudah dimulai sejak April 2024.

Pengukuran tanah dilakukan oleh tim khusus yang didampingi perangkat desa Simpang. Dimana tim ini terdiri dari beberapa orang yang berasal dari beberapa unsur pelaksana seperti tim pengukur dan kepala dusun.

Adanya program PTSL ini diharapkan masyarakat dapat mendapatkan serifikat tanahnya secara mudah dan murah. Agus Pitono Ketua pokmas PTSL didampingi Edi,bendahara PTSL berharap saat pelaksanaan pengukuran tanah yang masih berjalan ini diharapkan dapat terselesaikan dengan cepat dan lancar.(Pam)

 

Mohon Bagikan Juga
Baca Juga >>  Desa Sumbercangkring salah satu Pelaksana Program PTSL 2024 di wilayah Gurah