DestinasiTravelWisata

Destinasi Berbasis Desa Wisata Makin Masif di Kediri

Radar – INews, Kediri – Semakin banyak pilihan wisata di Kabupaten Kediri. Hal ini membuat banyak pengunjung dari luar daerah berdatangan. Tak terkecuali dengan bertambahnya destinasi berbasis desa wisata yang semakin masif. Seperti kunjungan Media ke Desa terkait banyak yang disampaikan Pemdes Masalah pengembangan maupun pembangunan Desa Wisata.

Kebon Bibit yang ada di Jalan Raya Pare-Papar. Ini salah satu daya tarik Desa Wisata Jambu yakni ramai dikunjungi setiap akhir pekan. 
Kebon Bibit yang ada di Jalan Raya Pare-Papar. Ini salah satu daya tarik Desa Wisata Jambu yakni ramai dikunjungi setiap akhir pekan

Hal tersebut membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri ikut mendorong perkembangan desa wisata. Perkembangan desa wisata memang terlihat selama 2019. Setidaknya ada puluhan desa bergeliat untuk berlomba mengembangkan potensi pariwisatanya.

Seperti halnya Desa Wisata Jambu. Dalam beberapa tahun terakhir, desa yang terletak di Kecamatan Kayenkidul ini mendapat respons kunjungan yang luar biasa. Data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kediri, hingga November tahun 2019 saja, Desa Iambu sudah kedatangan 210 ribu wisatawan. Belum termasuk hitungan akhir tahun atau saat membludaknya pengunjung terutama Tahun Baru 2020

Bahkan 73 di antaranya merupakan wisatawan mancanegara. Tentu dari total kunjungan tersebut menjadikan desa yang terkenal akan tanaman kelengkengnya ini berada di urutan pertama dibanding desa Wisata lain di Kabupaten Kediri.

Kebun bunga di Desa Kedungmalang, Papar.

Selain Desa Wisata jambu, geliat perkembangan pesat juga ditunjukkan Desa Mejono dengan wisata andalan Gronjong Wariti. Tak hanya itu, di Desa Kedungmalang, Papar juga, wisatawan bisa menikmati kebun bunga yang indah. Korean Fantasy di Desa Manggis Kecamatan Ngancar yang menyuguhkan suasana perkampungan Ala korea berdekatan juga dengan Kampung India

Setidaknya pada 2019 total ada 75 ribu wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata yang mendapat peringkat terbaik bidang pengelolaan wisata Anugerah Desa Kabupaten Kediri 2019 ini.

Tentu saja, dengan perkembangan desa desa tersebut membuat pemkab tak tinggal diam. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Krisna Setiawan mengungkapkan, pemkab sangat mengapresiasi sekaligus mendorong perkembangan desa wisata ini.

Baca Juga >>  Ranu Manduro ,Swiss atau New Zealand nya Indonesia

“Diskominfo pernah mengadakan berbagai program kegiatan yang dapat mendukung pengembangan desa wisata,” ujarnya.

Dongkrak Kapasitas SDM dan UMKM

Tak hanya potensi wisatanya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo‘ Kabupaten Kediri juga mendukung pengembangan sektor-sektor lain yang terkait. Utamanya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Misalnya, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan desa wisata melalui pemberdayaan.

Hal ini, menurut Kepala Diskominfo Krisna, diperlukan supaya pelaku pengembangan desa wisata mempunyai banyak ide serta kreativitas dalam mengembangkan serta mengelola desa wisatanya. “Selain itu tentunya sektor ekonomi kreatif yang mendukung desa wisata harus diperhatikan,” ungkapnya.

Krisna menambahkan, pemkab terus mendorong agar desa wisata semakin kreatif dan inovatif. Hal itu untuk program keberlanjutan desa wisata agar tetap eksis ke depan. “Dan menjadi alternatif pilihan menarik bagi wisatawan dari luar daerah,” imbuhnya.

Dengan beragamnya desa wisata di Kabupaten Kediri ini, Krisna menyebut, tentu semakin mempengaruhi peningkatan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kediri. Apalagi sejauh ini kunjungan wisatawan banyak didukung oleh semakin banyaknya wisata baru dan geliat pergerakan desa wisata yang terus bermunculan.

Tugu Simpang Lima Gumbo Hampir serupa dengan  monumen kembaran Arc de Triomphe
Tugu Simpang Lima Gumbo Hampir serupa dengan  monumen kembaran Arc de Triomphe

Dari Desa, di Kotapun sendiri yang jadi Salah Andalan Simpang Lima Gumul Kediri yang Hampir serupa dengan  monumen kembaran Arc de Triomphe
“Belum lagi wisata-Wisata swasta lain yang ada di Kabupaten Kediri yang semakin komplek Dan beragam,” Pungkasnya. (Pam)

Mohon Bagikan Juga