PemerintahanSosialUncategorized

PERINGATAN SEDEKAH  BUMI / RUWAH DESA  : DESA KEDUNGUDI 2018

Foto : Kades Kedungudi, Susilo Hadi Wijoyo Bersama Karang Taruna setempat

MOJOKERTO -RINews, Warga di Desa Kedungudi , Kecamatan Trawas , Mojokerto menggelar tradisi sedekah bumi pada 30/04/18 . Ratusan ancak diarak oleh warga dalam tradisi yang sudah berlangsung secara turun-temurun ini. Selain ancak juga Ratusan Warga membawa Tumpeng, jajan Pasar yang dibawa ke Balai Desa setempat. Acara tersebut dimeriahkan Pagelaran Wayang Kulit dan acara pada siang Hari juga berupa Tayuban yang digelar di sebelah Balai desa Kedungudi , Kades, Susilo Hadi Wijoyo terlihat hadir dalam acara bertajuk Peringatan Sedekah Bumi / Tuah Desa berikut membuka acara yang didampingi beberapa Kaur setempat , juga Karang Taruna setempat

Sebelum diarak, masyarakat meletakkan ancak di depan rumahnya atau RT masing-masing . Tradisi yang digelar setiap tahun ini merupakan wujud syukur warga setempat kepada Allah SWT atas segala limpahan rezeki dan kemakmuran.
“Sedekah Bumi yang digelar warga Desa Kedungudi kali ini mengalami peningkatan terlihat dari Antusias warga yang mengeluarkan Ancak dan Tumpeng , jelas semakin Banyak ” Kata Kades Susilo Hadi Wijoyo
Ancak yang berisi berbagai makanan juga hasil bumi itu diarak oleh tiga hingga enam orang. Makanan yang terdapat dalam ancak tersebut dibagi-bagikan kepada warga sekitar hingga tidak ada yang tersisa. ancak diarak terlebih dulu dan Naik ke panggung serta diabadikan bersama sebelum isi dalam ancak tersebut dibagi-bagikan ke warga.
“Tradisi sedekah bumi merupakan budaya turun-temurun yang diwariskan warga sampai sekarang. Inti dari tradisi itu adalah mengedepankan gotong-royong di tengah kemajuan zaman,” kata Kades, Susilo Hadi Wijoyo (Pam )

Mohon Bagikan Juga
Baca Juga >>  Tahapan PTSL 2020 Desa Tluwe Masuk Tahap Pemberkasan

Comment here