SosialUncategorized

Pagelaran Wayang Kulit pada Ruwah Desa Sidowangi, Kutorejo

MOJOKERTO – RINews,Suara sayup Gamelan dan iringan Musik terdengar dari kejauhan. Semakin dekat semakin jelas Suara dari Gamelan Pagelaran Wayang Kulit pada Acara Sedekah Bumi ,Tepatnya diDesa Singowangi kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto 07/05/18. Warga Desa Singowangi Mulai melaksanakan ruwah Desa atau sedekah bumi sejak 2 tahun terakhir, dan pada era sebelumnya juga pernah diadakan acara .Acara sedekah bumi menurut pandangan umum warga setempat sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah panen dan keselamatan warga sekitar.

Pagelaran Wayang adalah persembahan bagi leluhur. Doa-doa dipanjatkan sebelum pementasan. Di sisi lain, warga setempat terus berduyun-duyun untuk memadati tempat acara Pagelaran Wayang Kades Singowangi Arifin mengatakan, pagelaran wayang tersebut sekaligus untuk melestarikan seni atau tradisi, Terutama Jawa Timuran.

”Di era modern saat ini jangan sampai kesenian tradisi tergerus dan hilang seiring oleh zaman,” ujarnya. Maka dari itu, lanjut Kades Singowangi , Arifin Rencana setiap tahun desa setempat mengadakan pagelaran serupa. ”Ini wujud syukur masyarakat desa kami, atas berkat dan rahmad Allah, atas limpahan rezeki dan kelestarian budaya kami,” terangnya.

”Kita akan terus melaksanakan acara seperti ini hingga anak cucu kami kelak. Agar memahami tentang adat dan budaya tradisi,” lanjutnya.(Pam)

Mohon Bagikan Juga
Baca Juga >>  PELAKSANAAN PEMBANGUNAN Desa Sendangrejo PRIORITAS PADA  SALURAN AIR

Comment here