Peristiwa

Air Serta Asap Mengepul Dari Makam di Sidoarjo

Radar-INews, Sidoarjo – Heboh, Warga Sidoarjo ramai-ramai mendatangi sebuah makam di Desa Watutulis, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo. Bukan untuk berziarah, tetapi kedatangan mereka lantaran mendengar sumur di kompleks makam mengeluarkan asap putih dan airnya terasa hangat.

Padahal, sebelumnya kondisi air sumur tersebut normal dan tidak ada keanehan. Perubahan kondisi air sumur makam itu sejak Jumat (27/12/2019) sore.

“Sumur di makam ini mengeluarkan asap dan airnya hangat mulai Jumat (27/12) sore. Esoknya kami laporkan ke Kades Watutulis. Tiba-tiba sorenya banyak masyarakat yang berdatangan ke lokasi ini,” kata juru kunci makam Desa Watutulis, Warsa’i kepada Radar INews di lokasi, Minggu (29/12/2019).

Sementara Kades Watutulis, Warsono mengatakan fenomena sumur ini baru pertama kali ini terjadi. Tak heran, dalam dua hari ini banyak masyarakat yang berdatangan, baik dari dalam maupun luar Desa Watutulis. Pria 60 tahun itu menambahkan, pihaknya akan segera melapor ke instansi berwenang, terkait fenomena alam yang Terraria tersebut.

“Kami akan laporkan ke instansi terkait, agar bisa segera dilakukan penelitian. Sehingga nantinya masyarakat tidak penasaran lagi dengan munculnya fenomena ini,” tegas Warsono.

Berdasarkan sumber di sekitar lokasi hingga Minggu (29/12) siang masih banyak warga yang datang ke lokasi makam di Desa Watutulis. Tak hanya melihat fenomena sumur berasap dan air hangat. Dibantu pemuda Karang Taruna desa setempat, sebagian warga juga terlihat sibuk mengambil air dari dalam sumur. Baik untuk membasuh muka, kaki, dan sebagainya. Sebagian warga juga berasumsi jika air sumur itu dapat menyembuhkan penyakit.

“Kami sengaja datang ke sini bersama keluarga. Siapa tahu air hangat ini bisa mengobati penyakit gatal di kulit,” kata salah satu pengunjung bernama Rofik.

Bahkan, di sekitar sumur itu juga disediakan botol plastik, jika ada warga yang membutuhkannya sebagai wadah air. Meski pun pada siang hari, asap tak begitu terlihat karena terik sinar matahari. Namun, keterangan pemuda karang taruna setempat, pada malam hari asap cukup terlihat.(Zaky/Pam)

Mohon Bagikan Juga